Apa Manfaat Pembukuan itu?

 

Apa Manfaat Pembukuan itu?

Halo Catatan,

Bagaimana kabar Anda hari ini?
Semoga tetap semangat dalam berkarya dan terus tekun dalam usaha ya.

Dalam dunia usaha seringkali kita jumpai bahwa sulit berkembangnya bisnis kecil dan mikro -hingga jatuh pada satu kegagalan- acapkali bukan karena pasar yang sepi, tetapi karena ketidakmampuan dalam mengelola keuangannya. Hal itu terjadi seperti pada pemborosan pos-pos yang tidak perlu, hingga keputusan ekonomi yang salah.

Kemudian ketika disimak baik-baik, kegagalan manajemen usaha ini bermula dari satu masalah: tidak adanya pembukuan. Sehingga, tidak ada lembar materi guna dijadikan sebagai bahan pertimbangan,seperti misalnya ketiadaan catatan pasti berapa untung rugi usahanya. Semua hanya berdasarkan pada perkiraan semata.

Ya, pencatatan keuangan menjadi hal penting yang tak bisa diabaikan. Sehat tidaknya ekonomi seseorang, organisasi, keluarga, bisnis, bahkan juga ekonomi negara, selalu dilihat dari catatan keuangannya. Artinya, bisa dikatakan bahwa pembukuan merupakan sebuah nyawa dari kekuatan ekonomi.

Alhasil, dengan adanya pencatatan yang rapi, pemilik usaha akan dapat mengambil berbagai keputusan ekonomi secara tepat dan mudah.

Persoalan pembukuan ini tentu bukan satu masalah bagi perusahaan menengah dan besar, karena ia bisa membeli aplikasi khusus plus orang-orang yang ahli dalam mengoperasikan dan memperhitungkan keuangannya. Tetapi bagaimana dengan keuangan keluarga Pak Ahmad? Bagaimana dengan usaha dagang bajunya Mas Yanto? Bagaimana dengan Karang Tarunanya Mbak Ayu? Bagaimana dengan kelompok teaternya Mas Heru?

Di satu sisi, bisa jadi tak sedikit orang telah memahami jika pembukuan itu merupakan hal yang sangat penting. Namun karena keterbatasan waktu, dana, dan minimnya pengetahuan, tak menutup kemungkinan pula banyak orang mengesampingkan perihal ini.

Memahami hal di atas, dapat disimpulkan bahwa sangat dibutuhkan adanya alat pencatat keuangan untuk pribadi, organisasi, dan bisnis kecil yang mudah digunakan.

Solusi paling cepat bisa saja menggunakan pencatatan manual. Namun tentu akan timbul banyak kelemahan dari pencatatan manual ini. Selain tidak bisa diandalkan karena tak praktis, data yang telah dicatat bisa saja rusak atau malah hilang, bahkan untuk menganalisanya juga menemui kesulitan. Di lain sisi, angka-angka yang diinput juga harus dihitung secara manual, yang pada akhirnya memiliki risiko kesalahan cukup besar.

Sedangkan jika ingin beralih ke aplikasi, mayoritas aplikasi akuntansi yang tersedia saat ini harganya lumayan mahal, penggunaannya cukup rumit dan sulit dipahami, fitur yang tersedia pun tidak sesuai kebutuhan, juga menjemukan dengan tampilan seadanya, dan tentunya membutuhkan pengetahuan khusus dalam mengoperasikannya.

Di sinilah AKUN.biz hadir sebagai sebuah solusi pengelola keuangan yang sederhana dan praktis. Ia sangat adaptif, bisa dipakai oleh pribadi, komunitas-organisasi, hingga bisnis. Mudah dipahami dan digunakan, online sekaligus mobile, dan yang terpenting murah harga langganannya, bahkan tersedia pula versi gratisnya.

Kenapa harus ada AKUN.biz?

Kembali lagi kami berpikir tentang pentingnya sebuah pembukuan. Kami memiliki pandangan jauh ke depan, apabila jutaan bisnis kecil, organisasi, dan keluarga di Indonesia bisa memiliki pembukuan dan mampu mengelola keuangannya dengan baik serta bisa mandiri, maka kesejahteraan sosial bukan sekadar impian. Kemakmuran ekonomi tinggal satu langkah lagi di depan mata.

Bukukan Keuanganmu Sekarang Juga!

 

Komentar